Skip to main content

Tugu Kapiten Purba (Kabanjahe)



 

Tugu Kapiten Baru – Ikon Kabanjahe yang Terlupakan



Kabanjahe adalah ibu kota Kabupaten Tanah Karo. Kota yang terletak 62 kilometer di tenggara kota Medan ini bisa ditempuh 2 jam perjalanan darat.

Kabanjahe sebagai daerah yang dingin karena berada di atas 1000 meter DPL sangat terkenal dengan penghasil sayur mayur. Dengan daerahnya yang dingin tersebut maka sangat asyik menikmati suasana kota dengan secangkir kopi Sidikalang di warung kopi Tiga Serangkai. 

Saya tersadar dari lamunan ketika angkutan kota melewati kedai kopi ini dengan musik hangar-bingarnya. Dengan lagu Karo yang khas alat musiknya angkutan kota ini menyadarkan saya untuk kembali melanjutkan penelusuran kota yang sudah lama sekali tidak saya sambangi.

Oya… kadang ketika kita berada di suatu tempat kita lupa untuk melihat lebih detail tentang daerah itu, tetapi ketika kita sudah jauh meninggalkan daerah tersebut baru kita sadar kalau ada sudut tertentu kota yang selama ini lolos dari pengamatan kita.

Nah… hal yang sama terjadi pada saya. Saat itu saya terhenyak karena Tugu Kapiten Purba yang hampir setiap hari saya lewati luput dari pengamatan saya selama ini.

Saya jadi penasaran, apa sebenarnya isi tulisan yang ada di monumen tersebut? Berikut adalah hasil penelusuran saya.

Tahukah anda kalau Kapiten Purba dulunya adalah anggota MPR/ DPR RI?
Beliau lahir di Kaban Jahe tahun 1915 dan meninggal 24 Maret 1973 di Jakarta. Beliau dikebumikan tanggal 26 Maret 1973 di TMP Medan.

Beliau berpangkat terakhir Mayor C.P.M. Purn. dengan NPP. 12831.

Monumen ini dibangun dan diresmikan 10 Maret 1975 yang diprakarsai oleh teman seperjuangan dengan panitia pembangunan keluarga PURBA.



Di sisi kiri monumen tersebut dapat kita lihat visualisasi perjuangan kemerdekaan. Sedangkan di sisi kanannya adalah alat musik Karo. Sayang pada saat itu tidak ada tempat saya bertanya arti dari visualisasi di sebelah kanan dan kiri monumen tersebut. Namun satu hal saya petik dari monumen sederhana ini adalah betapa tingginya apresiasi orang tua kita di masa lalu. Dalam 2 tahun setelah kematian beliau tugu yang megah ini sudah berdiri kokoh di tengah kota Kaban Jahe. Di sisi lain kita saat ini sering melupakan betapa beratnya mendapatkan kemerdekaan yang sekarang dapat kita nikmati.
 
Hari ini saya belajar lagi kalau masa lalu tidak terjadi begitu saja. Masa lalu terjadi dan menentukan masa sekarang. Ada baiknya kita merenungkan masa lalu untuk jembatan kita lebih baik di masa yang akan datang.

MERDEKA………………

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si