17 May 2017

4 Studio Foto Milik Orang Jepang di Berastagi

Foto Gadis Penari Siberaya
Fotografer : Fujisaki & Co
Tahun : 1910an
Lokasi : Medan
Pada tahun 1913, tercatat ada 10 Fotografer Jepang yang berkiprah di Medan. Lebih banyak ahli foto orang Jepang di Sumatera dibandingkan dengan di Jawa.

Di Berastagi pun ada studio foto milik orang Jepang yang beroperasi sejak tahun 1914. Namanya Studio Foto Asada. Yang mengelola Endou Yako. Sering tertulis di post card nama I. Asada. Dan juga Y. Asada. Kemungkinan Y adalah inisial dari nama kecil Asada yang kemungkinan berasal dari Yako. Tahun 1939 berpindah tangan kepada Tanaka Kajuro.

Tak hanya Studio Foto Asada yang ada di Berastagi, kemudian ada juga Studio Foto Asahi dengan pemilik Shindo Kokichi, Studio Fujimoto dengan pemilik Fujimoto Sakuju dan Studio Foto Misao dengan pemilik Misao Yoshikuma.

Para fotografer ini lah yang ikut mengabadikan keindahan panorama Taneh Karo dan budayanya. Foto-fotonya ada di postcard yang tersebar hingga ke seluruh dunia masa itu.

Catatan tambahan :
Fotografer foto ini adalah Fujisaki Ichirota. Studio Fujisaki & Co berada di jalan Kesawan, Medan dan berdiri sejak tahun 1901.

No comments:

Post a Comment