Skip to main content

Kampoeng Sibraija (Seberaya)

Perempuan dan anak di sebuah sungai di dataran tinggi Karo di dekat Sibraija
Karo vrouwen en kinderen bij een rivier op de Karo-hoogvlakte in de omgeving van Sibraija
Date ca. 1870
Source Tropenmuseum
Author K. Feilberg (Fotograaf/photographer)

Tinggal di  Siberaya
Woning van een Karohoofd te Siberaya, Karolanden
Collectie: KITLV
Maker/Artist: Feilberg, K.
Datum/Date: 1870-09
Bijzonderheden/Additional: Verslag van eene reis in de Karolanden / C. de Haan. Opgenomen in het Tijdschrift van het Bataviaasch Genootschap [TBG], Deel XXXVIII, 1875, 2e gedeelt


Ternak di Desa Sibraija
Runderen in het Karo dorp Sibraija
Date ca. 1870
Source : Tropenmuseum
Author K. Feilberg (Fotograaf/photographer)

Pemandangan Desa Sibraija dengan tempat menumbuk beras,
Dorpsgezicht met een Karo loods waarin rijst gestampt wordt, Sibraija
Date : ca. 1870
Source : Tropenmuseum
Author K. Feilberg (Fotograaf/photographer)


Perempuan Sibraija
Dorpsgezicht met Karo vrouwen achter weeftoestellen, Sibraija
Date : ca. 1870
Source : Tropenmuseum
Author K. Feilberg (Fotograaf/photographer)

Perkampungan sepanjang sungai di dataran tinggi Karo di dekat Sibraija
Kampement langs een rivier op de Karo-hoogvlakte in de omgeving van Sibraija
Date ca. 1870
Source : Tropenmuseum
Author K. Feilberg (Fotograaf/photographer)

Sungai dekat Siberaya
Rivier in de buurt van Siberaya, Karolanden
Collectie: KITLV
Maker/Artist: Feilberg, K.
Datum/Date: 1870-09

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu