Skip to main content

Keyakinan Besar Monang Sinulingga (1972)






Master-Master Cari Sponsor.
Majalah Tempo, Sabtu, 8 Juli 1972.

Begitu matanja melek, pagi itu djuga sasarannja ke kedai kopi. Disitu ia membentang papan tjatur. Di Tanah Karo, ini konon berarti tantangan jang demi kehormatan (adat) harus didjawab pula.

Dan seperti biasa, ada sadja jang mau meladeni tantangan itu. Pada saat itulah Monang Sinulingga tidak menunggu lebih lama untuk memesan setjangkir kopi dan sepiring nasi. Persoalan perutpun pagi itu teratasi oleh pertaruhan jang dimenangkan Monang terhadap lawannja. Tanpa disadari, pola kehidupan jang didjalankan Monang sedjak 1961 merupakan awal dari satu proses jang mengangkat dirinja ke-echelon tertinggi dunia tjatur Indonesia - setelah setjara kebetulan pemuda 26 tahun asal Namutrasi (Kabupaten Langkat) ini diberi kesempatan mewakili Tanah Karo ke kedjuaraan Sumatera Utara.

Buku.

Apa jang membikin Monang tjepat melondjak bukan karena teori dari buku-buku tjatur. Sebab "di Tanah Karo mana ada buku". Tapi rupanja dengan bekal kemauan keras dan beladjar dari pengalaman serta "tekad untuk membalas setiap kekalahan", tjukup bagi Monang jang berpendidikan Sekolah Dasar untuk merebut gelar "Master Nasional".

Dalam final Kedjuaraan Tjatur Nasional di bulan Djuni jang lalu lihat, bakat alam Monang diudji. Tertjatat antara lain: menang terhadap Master Internasional Ardiansjah, remise dengan Master Nasional Arovah Bachtiar dan kalah dari Gozali (Djaya).

Kekalahannja dari Gozali ini, menurut pengakuan Monang, adalah "kesalahan untuk meniru-niru pembukaan lawan", katanja, "baru aku tahu apa Sicilian itu".


Beberapa finalis mengakui bahwa mereka terkedjut dengan beberapa move-move Monang jang diluar perhitungan. Sementara Djuara Pertjasi tahun lalu Arovah Bachtiar mengakui ketadjaman permainan anak Tanah Karo ini.

"Kalau sadja dia dapat menguasai kira-kira 8 variant pembukaan, dia akan lebih baik", komentar Arovach jang kemudian menambahkan bahwa "permainan pertengahan Monang amat kuat, penuh dengan variasi-variasi jang orisinil".



Young vs Old. IM Edhi Handoko vs IM Arovah Bachtiar. Handoko's IM title was yet to make official by FIDE.
Photo © Sejarah Catur Indonesia 1986.


Stabil.

Ardiansjah, Master Internasional jang tidak pernah absen dalam Kedjuaraan Nasional beberapa tahun ini, ikut menilai: "Pemain alam tjepat menondjol, tapi tjepat pula djatuh", kata Ardiansjah, "itu pasti. Pemain alam pasti akan djatuh oleh pemain teori. Sebab teori untuk menstabilkan permainan".

Apa kata Sinulingga terhadap komentar itu? "Semua lawan saja akan saja pukul. Mereka setingkat di bawah saja, ketjuali Arovah", katanja dengan lugu, tapi penuh dengan kejakinan.

Tekad pemain alam ini: tahun depan pasti ia akan muntjul sebagai djuara, meski kemudian ia menuntut agar makanan selama di Djakarta "djangan" jang manis-manis melulu" dan "uang kantong perlu diberikan setiap kali ia menang".

Berbeda dengan Sinulingga adalah rekannja Pokan Damanik dari Sumut. Sebagai Master Nasional baru, 30 tahun, sedjak tahun 1958 Pokan main dengan teori. Bahkan kini aktif sebagai coach jang memberi peladjaran teori dalam Pertjasen (Persatuan Tjatur Sentral) Medan, meski dengan tugas seorang coach itu, Pokan merasa kesempatan untuk mengembangkan diri agak ber-kurang.

Tapi memang mendjadi tudjuannja untuk melengkapi pemain-pemain Sumut dengan pengetahuan teori. 


1001. 


Master Nasional baru lainnja Tigor Hutagalung dari DCI Djaya, pernah dalam tahun 1964 mewakili Sumut dalam Kedjuaraan Nasional. Pernah pula merebut gelar Pemain terbaik ke--2 dalam PON VII Surabaja 1969. Kemudian pindah ke Djakarta pada tahun 1970 dan berhasil mendjadi Djuara Ibukota tahun itu djuga.

Berpegang pada pembukaan favoritnja "Sicilian", Tigor mendjelaskan segi ilmiah dari permainan tjatur diatas 64 petak dengan "1001 matjam variant" jang menantangnja untuk menggondol gelar Master Internasional dalam waktu dekat. Kedjuaraan Tjatur Pcrtjasi (Persatuan Tjatur Se Indonesia) tahun ini jang berlangsung di Gedung KONI Senajan diliputi oleh suasana baru. Ruangan pertandingan disegarkan AC, sementara penonton diberi fasilitas untuk mengikuti setiap langkah permainan melalui papan. Dengan tjatatan tidak boleh merokok dan tidak memakai sandal. Penerangan dengan lampu neon, meski kurang terang bagi penonton, tapi tidak memantulkan tjahaja bagi pemain jang berkepentingan.

Sponsor.

Prestasi tahun ini jang menampilkan 3 Master Nasional baru antaranja pemain alam Sinulingga tidak mengurangi mutu Kedjuaraan, bahkan sebaliknja menundjukkan grafik menaik. Ini diakui oleh beberapa peserta jang mengatakan Jacobus Sampouw (MN) memang pantas mendjadi Djuara tahun 1972 dengan angka jang tjukup mejakinkan. Tapi untuk meningkatkan mutu olahraga tjatur Indonesia, "tidak ada lain djalan, ketjuali dibantu oleh sponsor-sponsor", seperti komentar Lugito Hayadi (MN) dari Djaya jang tersisihkan dalam babak kwalilikasi. Pemain dan penulis tjatur kawakan ini jang sehari-hari dikenal sebagai anggota "Tunas Djaya", mengatakan kepada TEMPO bahwa "potensi jang ada pada diri Ardiansjah dan Arovah sepantasnja dikembangkan setingkat Grand Master dengan bantuan sponsor jang mau mengirim mereka bertanding keluar negeri".

Dan tambahnja: "Tjoba berikan mereka kesernpatan setahun bertanding di Eropa, pasti kelihatan kemadjuannja". Agaknja perbaikan kondisi bertanding dengan bermuntjulnja master-master baru, toh tidak akan mendorong prestasi pemain-pemain top Indonesia untuk mentjapai prestasinja lebih tinggi dari sekarang, djika tidak mendapat bantuan sponsor jang dimaksud.

------------
 
DCI Djaya =  DKI Jakarta


============== 

Tulisan lain tentang Monang Sinulingga dapat dibaca pada link berikut ini :

Monang Sinulingga


  

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si