14 September 2012

Perempuan Karo di Sampul Buku Photographs of the Netherlands East Indies at the Tropenmuseum



Wajah perempuan Karo yang memakai perhiasan Padung menjadi pilihan sampul buku “Photographs of the Netherlands East Indies at the Tropenmuseum" di antara 120 foto yang berasal dari foto-foto di Hindia Belanda yang terdapat di dalamnya.

Buku ini adalah volume keempat dari serangkaian sepuluh buku yang membahas koleksi Tropenmuseum dan sejarah dan cerita yang menyertai mereka. Buku-buku menjelaskan koleksi museum, membahas benda-benda dalam konteks aslinya, sejarah sosial dan makna kontemporer. Penekanan utama terletak pada sejarah dari setiap koleksi. Setiap volume digambarkan dengan benda-benda dan foto-foto dari koleksi Tropenmuseum.

"Foto-foto Hindia Belanda di Tropenmuseum" menawarkan pengenalan yang komprehensif dan merupakan salah satu koleksi yang paling penting dari fotografi kolonial di dunia. Tidak ada koleksi lainnya di Tropenmuseum yang sangat terkait erat dengan sejarah lembaga itu sendiri. Foto-foto yang sudah dikumpulkan di akhir abad kesembilan belas dan telah terus-menerus dilengkapi dengan gambar untuk menciptakan perspektif seluas mungkin perkembangan topikal di Hindia Belanda. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, pentingnya koleksi foto-foto bersejarah menurun dan itu mengarah kepada ketidakjelasan. Minat pada koleksi bersemi kembali kemudian ketika sekelompok besar orang di Belanda datang untuk memandangnya sebagai suatu dunia yang hilang yang  semakin romantis. Dari tahun 1980-an koleksi-koleksi ini menjadi sumber informasi sejarah dan subjek skala luas bagi penelitian akademik.

Digambarkan dengan lebih dari 120 foto, buku ini memberikan wawasan mengenai bagaimana sikap masyarakat terhadap koleksi  telah berubah selama 150 tahun terakhir dan berbagai cara di mana telah digunakan oleh Tropenmuseum dan pendahulunya untuk menjaganya. (Sumber : KIT Publishers)



Judul : Photographs of the Netherlands East Indies at the Tropenmuseum
           Seri  Collections at the Tropenmuseum
Penulis : Janneke van Dijk, Rob Jongmans, Anouk Mansfeld, Steven Vink, Pim Westerkamp
ISBN      : 9789460221934
Penerbit  : KIT Publishers
Halaman : 120 halaman
Terbit : September 2012
Harga :  € 34.50


peluncuran perdana
Eindelijk begonnen! Wat is koloniaal aan koloniale fotografie.
sumbe : Tropenmuseum FB


No comments:

Post a Comment