03 October 2013

"Turang” bukan dari Tapanuli

Kompas, Jumat, 2 Juni 1989

“Turang” bukan dari Tapanuli

Dalam acara Berpacu Dalam Melodi tayangan TVRI tanggal 27 Mei 1989, ada kesalahan yang dibuat oleh pembina acara ini.

Kesalahan tersebut menyangkut asal daerah lagu Turang yang oleh salah satu peserta dinyatakan berasal dari daerah Tapanuli dan Bung Koes Hendratmo yang bertindak sebagai pembawa acara membenarkannya.

Lagu tersebut bukan berasal dari daerah Tapanuli tapi dari daerah Tanah Karo.

Untuk pembina acara ini saya sarankan untuk dapat lebih mengenal keragaman dari suku-suku yang mendiami bumi Indonesia tercinta ini, sehingga kesalahan seperti itu tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Tiarta Sebayang, SE
Dept. Keuangan
Jakarta


#surat senada juga dikirim oleh Suang Karo-Karo yang beralamat di Jl. Ampera Raya, Cilandak III, Jakarta Selatan.

Tulisan ini juga dapat dibaca dalam buku “Mengenal Orang Karo” yang disusun oleh Roberto Bangun. Buku “Mengenal Orang Karo” adalah cetakan pertama (1989). Dan dicetak ulang tahun 2006 dengan merevisi judul menjadi “Mengenal Suku Karo.”


Catatan tambahan : 

Apa itu lagu berjudul "Turang"?
Lagu Turang ciptaan Husin Ngalimun menjadi pengisi musik dalam filem "Turang” di tahun 1957. Saat itu lagu ini dinyanyikan oleh Tuti Daulai. Film “Turang” ini mengisahkan perjuangan orang-orang dari suku Karo pada waktu Revolusi Agustus '45 di Sumatra Timur, pemutaran pertamanya dilangsungkan di Istana Merdeka dan disaksikan oleh Presiden Sukarno. Sayang sekali filem ini hilang bersama jatuhnya Soekarno.

Di tahun 1970 lagu "Turang" dinyanyikan oleh Rita Zahara bersama Orkes Kroncong Tetap Segar. Diaransemen ulang oleh R. Pirngadie. Direkam di Evergreen Monaural Records

Lagu Turang ini ini terdapat dalam album "Songs from Tapanuli in the Krontjong Beat." Ini adalah kesalahan besar, sebenarnya lagu ini bukan berasal dari daerah Tapanuli tetapi berasal dari Tanah Karo yang berada di propinsi yang sama yaitu Sumatera Utara. Lagu Erkata Bedil juga dimasukkan ke dalam album ini, ini juga kesalahan besar. Karena lagu ini adalah lagu perjuangan dari rakyat Tanah Karo dan pencipta lagu ini adalah komponis Djaga Depari yang berasal dari Tanah Karo.



Tentang filem Turang dapat dibaca di link berikut :
Lenyapnya Film Turang (1957) dan Piso Surit (1960) bagian 1

No comments:

Post a Comment