06 November 2014

Djamin Ginting, Putra Karo Mendapat Gelar Pahlawan Nasional




Akhirnya Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting diberi gelar PAHLAWAN. Hal yang kita tunggu-tunggu selama ini. Ini adalah orang Karo kedua yang mendapat gelar pahlawan setelah sebelumnya Kiras Bangun (Garamata). 


Selanjutnya perlu juga diperjuangkan Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti (Datuk Soerbakti) mendapat gelar Pahlawan, perjuangannya begitu besar yang mengobarkan perang terlama yaitu 25 tahun melawan kolonial Belanda hingga akhirnya dibuang dan meninggal di Cianjur. Saat itu kolonial Belanda mengalami kerugian besar.

Museum Djamin Gintings



Kamis, 06/11/2014 17:31 WIB
Besok, Presiden Jokowi Anugerahi 4 Nama Ini Gelar Pahlawan
-detikNews

Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberikan gelar pahlawan kepada empat nama yang dianggap telah berjasa bagi Indonesia. Penganugerahan gelar tersebut akan dilakukan di Istana Negara, besok.

Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat memberikan bantuan sosial di di Gedung Serba Guna Wisma Seroja, Jalan Seroja Raya, Bekasi Utara, Kamis (6/11/2014). Jika tak ada hambatan, pemberian gelar itu dilakukan pada pukul 14.00 WIB, Jumat (7/11) esok.

Empat nama tersebut yaitu Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, Sukarni Kartodiwirjo, Mayjen HR Mohammad Mangundiprojo, dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

"Nama tersebut telah disetujui di rapat pleno dewan gelar pahlawan nasional," ujar Khofifah.

Dirjen Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kemensos Hartono Laras menyebut, nama-nama tersebut atas rekomendasi tim peneliti. "Proses (penelitiannya) dari kabupaten, provinsi," tuturnya.

No comments:

Post a Comment