30 April 2012

Akan Terbit Sejarah Etnografis Perjuangan Kemerdekaan RI (1945-1950) di Dataran Tinggi Karo



JUARA R.GINTING. LEIDEN. Dari tahun 1982 hingga 1985, Prof. Dr. Mary Steedly, guru besar Antropologi di Universitas Harvard (USA), melakukan penelitian mengenai Karo di Medan, Deliserdang dan Kabupaten Karo yang kemudian menghasilkan buku berjudul Haging Without A Rope: Narrative Experience in Colonial and Post Colonial Karoland (1993). Kini, Steedly sedang mempersiapkan penerbitan sebuah buku baru berjudul Rifle Reports: A Story of Indonesian Independence. Buku ini berisikan sejarah etnografis mengenai perjuangan kemerdekaan RI (1945-50) di Dataran Tinggi Karo.

Setelah menyelesaikan bukunya yang pertama, Steedly melakukan beberapa kali penelitian singkat di Tanah Karo yang kemudian dia terbitkan dalam bentuk beberapa artikel. Kini, dia telah merampungkan naskah bukunya yang terbaru.

Sebelum diterbitkan, naskah buku ini akan didiskusikan Jumat 27 April 2012 di Bowdich, Peabody Museum, 11 Divinity Avenue (Keterangan selengkapnya lihat poster di bawah). Bertindak sebagai pembanding adalah Nancy Florida (guru besar mengenai Jawa dan Islam di Universitas Michigan (USA), Patricia Spyer (guru besar antropologi mengenai Indonesia kontemporer di Universitas Leiden) dan Tinuk Yampolsky (novelis). Sumber : SORA SIRULO




1 comment:

  1. terima kasih gan atas informasi nya

    jangan lupa kunjungi juga situs kami di

    http://stisitelkom.ac.id

    ReplyDelete