03 August 2015

Prof. Dr. W.A.P. Schüffner Melakukan Penelitian ke Karo


Dr. Schuffner melakukan penelitian kesehatan di Taneh Karo sekitar tahun 1920an. Beliau adalah  direktur Laboratorium Pathologi yang berlokasi di Tandjong Morawa. Laboratorium ini didirikan pada tahun 1907, dimana Dr. Schuffner menjadi direkturnya.

Ia dibantu oleh Dr. Maurer, dokter dari Deli Maatschappij  dan Dr A. Kuenen dokter dari Senembah Maatschappij. Dr. Schuffner memulai penelitiannya dengan mencari tahu apa hubungan kesehatan yang buruk dengan keadaan wilayah setempat.

Laboratorium ini dibiayai oleh Deli Maatschappij, Senembah Maatschappij dan Medan Tabak dengan kompensasi bersedia melayani perusahaan donatur dalam hal memberi petunjuk teknis bidang kesehatan. Penelitian mengenai penyakit-penyakit tropis tetap diteruskan dengan harapan bahwa di masa depan semakin banyak ilmuwan muda yang ambil bagian dalam kegiatan penelitian mereka. dan pada laboratorium ini mereka dapat mempersiapakan diri untuk menjadi dokter yang menangani penyakit-penyakit tropis.
Melalui publikasi di Geneeskundig Tijdschrift voor Nederlandsch Indie (Jurnal Medis Hindia Belanda), penelitiannya menarik perhatian para akademisi di bidang kesehatan tropis. 

Dibawah pimpinan Dr. Schuffner, Laboratorium Tandjong Morawa  berhasil menemukan  penyebab penyakit anemia, beriberi, dan malaria serta bagaimana cara mengatasinya.  Hasil penelitiannya diterapkan bukan saja dalam lingkungan perkebunan tetapi juga didunia kedokteran.

Kondisi kesehatan para buruh terus diperhatikan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit juga terus ditingkatkan. Tahun 1897-1901, jumlah kematian kuli menurun dari 60,2 menjadi 45,1 per 1000 orang.  Dr. CW Janssen juga mengatakan dalam bukunya,  bahwa keberhasilan Senembah Maatschappij dalam mengatasi penyakit perkebunan yang mewabah adalah karena pertolongan Dr. Schuffner dengan penelitiannya.
Musim panas dan musim hujan yang berkepanjangan silih berganti tak menentu ditambah buruknya makanan menyebabkan munculnya penyakit beri-beri, kolera dan disentri. 

Berikut foto-foto selama perjalanan penelitian medis maupun sosial saat ke Taneh Karo oleh Dr. Schuffner :




 










 

Dr. Schüffner di Bwerastagi
1923
Prof. Dr. W.A.P. Schüffner

 Bahan bacaan :
 Senembah maatschappij tropical diseases

Sumber foto :
Collectie tropenmuseum


No comments:

Post a Comment