24 November 2012

Tari Karo dalam "Dances of The South Pacific"


Video ini adalah bahagian dari Film berjudul : "Dances of The South Pacific" (mulai pada menit ke 13.18). "Dances of The South Pacific" berdurasi 16.42.

Producer: Mrs. C. W. Hacker, Mrs. J. Shipley Dixon
Audio/Visual: silent, b&w


Tanggapan bang Juara Ginting di FB Group Jamburta Merga Silima :


  • Juara R Ginting Aku coba mereka-reka ini acara apa atau skenarionya apa. Akhirnya aku membuat dugaan bahwa ini bukan acara apa2 tapi atas permintaan pembuat film dibuatkan sebuah performance. Secara antropologis (antropologi visual atau antropologi pertunjukan) ini menarik bagaimana penduduk setempat di jaman tertentu merespon permintaan dari luar seperti halnya perekaman foto atau audio atau audio visual (bersambung)
    3 hours ago · Unlike · 2
  • Juara R Ginting Kelihatannya, tempo gendang yang dimainkan adalah Ngelingkah (Singarak-ngaraki atau Singarak-ngaraki Kemberahen). Gerakan tari pertama sepertinya mengikuti lagu Persentabin. Uniknya, hanya penari gadis muda belia itu yang melakukan sembah (bersambung)
    3 hours ago · Unlike · 2
  • Juara R Ginting Bagian ke 2 adalah adu silat. Uniknya bagi saya, dari sisi antropologi pertunjukan, ternyata Karo juga sudah sejak dulu mengetengahkan silat/ ndikkar sebagai seni pertunjukan unggulannya. Apakah ini sekedar begitu mode di jaman itu di mana-mana di Hindia-Belanda atau memang ada konsep sangat mendasar dalam kosmologi Karo sehingga silat menjadi pilihan penting untuk ditampilkan. Ingat, dokumentasi2 seperti ini sering dipandang oleh penduduk lokal di mana-mana sebagai pencerminan siapa mereka (sebagai suatu kebudayaan/ society yang unik). (bersambung)
    3 hours ago · Edited · Unlike · 2
  • Juara R Ginting Bagian ke 3 sepertinya tarian yang sekarang sering disebut gendang adat (giliran menari 1. sembuyak, 2. anak beru, 3. kalimbubu dan 4. senina). Boleh jadi ada simasu-masu. Dugaan saya, pengeditan film ini tidak didasarkan pendalaman atas bahan yang direkam. Sepertinya, banyak footage yang direkam tidak diikutkan (setelah melihat tampilan lengkap sebelumnya dari Polinesia ke Sumatra). (Terimakasih).
    2 hours ago · Unlike · 2

No comments:

Post a Comment