Skip to main content

Perang Sunggal, Perang Terlama di Indonesia


Makam Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti di Cianjur Jawa Barat. 
Makam ini seharusnya ada di Taman makam Kali Bata.
Bila General Mac Arthur berkata : ‘We may lose in this battle but never in the war’.

Pejuang Karo berkata :
Namo Banci Jadi Aras, Aras Banci Jadi Namo
(Hari ini kita kalah lain waktu kita akan menang)

USUL PAHLAWAN
WASPADA Online
Oleh Prof. H. Ahmad Samin Siregar

Menurut rencana, pada 27 Juni 2004, Minggu ini, di Medan akan dilaksanakan satu
seminar dengan judul 'Perang Sunggal (Batak Oorlog 1872-1895), Perang Rakyat
Menolak Penjajahan'. Seminar ini dilaksanakan atas kerjasama di antara Lembaga
Pengembangan dan Pembinaan Kebudayaan Masyarakat Sumatera Utara (Legenda
Sutra), Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Medan, dan Lembaga
Ulon Janji Keluarga Besar Kedatukan Sunggal Serbanyaman. Tujuan seminar ini
adalah untuk mengungkapkan latar belakang, kejadian yang berlaku, dan
kepahlawanan dalam 'Perang Sunggal' itu.

'Perang Sunggal' merupakan salah satu peristiwa sejarah dalam perjalanan bangsa
Indonesia menuju kemerdekaannya. Perang ini adalah perjuangan rakyat Sunggal
dalam mempertahankan tanah tumpah darahnya dari penguasaan tangan penjajahan
Belanda. Wilayah Sunggal (Serbanyaman) yang sangat subur ketika itu ingin
dikuasai oleh perusahaan perkebunan Belanda untuk ditanami tembakau. Penguasaan
itu tanpa seizin raja dan rakyat Sunggal sehingga timbullah peperangan. Perang
ini merupakan salah satu perang yang terbesar sehingga pemerintah Hindia
Belanda harus mengeluarkan 'Medali Khusus' untuk menghargai para pemimpin
perang ini dari pihak mereka. Hal itu diketahui dari catatan yang terdapat di
Museum KNIL, Bronbeek (Belanda.

Pemicu Perang

Ada dua tokoh pejuang yang terlibat secara langsung dalam 'Perang Sunggal' ini.
Keduanya berusaha mempertahankan Sunggal (Serbanyaman), tanah airnya, dari
penjajahan Belanda. Kedua tokoh itu ialah Datuk Badiuzzaman Johan Sri Indera
Surbakti dan Datuk Alang Muhammad Bahar Johan Sri Indera Surbakti. Datuk
Badiuzzaman Surbakti merupakan keturunan ke-7 dari Sesser Surbakti yang
asal-usulnya adalah dari Telun Kulu, Tanah Karo. Sedangkan Datuk Alang Muhammad
adalah adik Datuk Badiuzzaman. Keturunan pemerintah Sunggal bermula dari Sesser
Surbakti yang mempunyai putera bernama Si Gajah. Sesser Surbakti mendirikan
Kampung Sumbuwaiken di kaki Gunung Sibayak. Si Gajah mempunyai putera yang
bernama Adir Surbakti. Mereka bertempat tinggal di daerah Pancurbatu dan
kemudian memeluk agama Islam. Selanjutnya putera Adir Surbakti yang bernama
Datuk Hitam Surbakti menjadi Raja Sunggal pada 1632 dan seorang anak perempuan
yang bernama Nang Baluan kawin dengan Gocah Pahlawan, yang merupakan asal-usul
keturunan raja-raja Deli dan raja-raja Serdang. Datuk Hitam Surbakti mempunyai
dua orang anak yang laki-laki bernama Datuk Undan Surbakti dan yang perempuan
bernama Dayan Sermaidi yang kawin dengan Panglima Mangendar Alam, salah seorang
keturunan Sultan Deli.

Datuk Undan Surbakti berputerakan Datuk Amar Laut Surbakti yang pada masa
pemerintahannya melepaskan diri dari ikatan dengan Deli, mengeluarkan
cap/stempel dan bendera sendiri, dan meresmikan Sunggal merdeka serta
berpemerintahan sendiri. Datuk Amar Surbakti mempunyai tiga orang anak lelaki
yaitu Datuk Ahmad (Abdul Hamid) Surbakti, Datuk Jalil Surbakti, dan Datuk Kecil
(Mahini) Surbakti. Datuk Ahmad Surbakti inilah yang mengganti nama Sunggal
menjadi Serbanyaman. Putera Datuk Ahmad Surbakti ada tiga orang yaitu Datuk
Badiuzzaman Surbakti, Datuk Alang Muhammad Bahar Surbakti, dan Datuk Haji
Surbakti. Pada masa pemerintahan mereka ini di Serbanyamanlah terjadinya
'Perang Sunggal' tersebut.

Pemicu terjadinya 'Perang Sunggal' ini adalah masalah tanah. Pada 1870 Sultan
Mahmud Perkasa Alam (Sultan Deli) memberikan tanah yang subur di wilayah
Sunggal untuk dijadikan konsensi perkebunan perusahaan Belanda yang bernama De
Rotterdam dan Deli Maschapij. Pemberian tanah ini tanpa melalui perundingan
dengan penguasa serta rakyat wilayah Sunggal sehingga timbullah perlawanan
bersenjata. Pada 1872 Datuk Badiuzzaman Surbakti dan adiknya Datuk Alang
Muhammad Bahar Surbakti dengan didukung rakyat Serbanyaman (Sunggal) dan suku
Karo lainnya mulai mengadakan perlawanan dengan mengangkat senjata terhadap
Belanda. Ketika itu, Belanda didukung oleh Sultan Mahmud Perkasa Alam.
Perlawanan rakyat Serbanyaman (Sunggal) dilakukan rakyat dengan bergerilya
sambil membakar bangsal-bangsal tembakau di atas tanah rakyat yang dikuasai
oleh Belanda. Perang ini berlangsung sampai dengan 1895.

Datuk Badiuzzaman Surbakti sebagai Pahlawan Nasional

'Perang Sungal' ialah salah satu perang yang bertujuan untuk memperjuangkan
tanah air Indonesia agar merdeka dari tangan penjajahan Belanda. "Perang
Sunggal" ini berlangsung cukup lama yaitu lebih kurang selama 23 tahun, dari
1872 sampai dengan 1895. Apabila dibandingkan perang yang dilakukan oleh para
pahlawan kita di penjuru tanah air pada masa penjajahan Belanda, tampaklah
bahwa perang yang dilakukan oleh rakyat Sunggal di bawah pimpinan Datuk
Badiuzzaman Surbakti ini memakan waktu yang cukup lama dan berkepanjangan. Hal
itu bisa dibandingkan dengan beberapa perang lainnya menentang penjajahan
Belanda di Nusantara dulunya seperti perlawanan Sultan Agung di Mataram (1628)
Iskandar Muda di Aceh (1635), Ageng Tirta Yasa di Banten (1650), Hasanuddin di
Makasar (1653), Pattimura di Maluku (1817), Badaruddin di Palembang (1817),
Imam Bonjol di Minangkabau (1824-1837), Pangeran Diponegoro di Jawa
(1825-1830), Jelantik di Bali(1850), Pangeran Antasari di Kalimantan (1860),
Teuku Umar (1878-1899) di Aceh, Anak Agung Made di Lombok (1895),
Sisingamangaraja XII di Sumatera Utara (1900), dan Cut Nyak Din di Aceh
(1902-1904).

"Perang Sunggal" yang bermula pada 15 Mei 1872 di bawah pimpinan Datuk
Badiuzzaman Surbakti ini merupakan perang terhadap penjajahan Belanda yang
menunjukkan adanya nilai-nilai patriotisme, nasionalisme, dan rasa cinta tanah
air yang sangat besar. Oleh karena itulah, Datuk Badiuzzaman Surbakti ini
sangat pantas kiranya diangkat menjadi 'Pahlawan Nasional' karena beberapa
pertimbangan tertentu seperti berikut ini.

Pertama, Datuk Badiuzzaman Surbakti telah bangkit menentang penjajahan Belanda
dengan mengangkat senjata untuk berperang. Dalam hal ini, beliau dibantu oleh
adiknya Datuk Alang Muhammad Bahar Surbakti bersama paman-pamannya Datuk Abdul
Jalil, Datuk Muhammad Dini, serta Datuk Sulung Barat dengan didukung oleh
rakyat Sunggal dan masyarakat Karo lainnya. Perang ini cukup menyusahkan
Belanda karena banyaknya kerugian akibat bangsal tembakau milik perusahaan
Belanda yang dibakar masyarakat.

Kedua, Datuk Badiuzzaman Surbakti telah berjuang menentang penjajahan Belanda
dalam waktu yang cukup lama, lebih kurang 32 tahun, tanpa kenal lelah.
Perjuangannya ini 'murni dan tanpa pamrih' untuk mengusir penjajahan Belanda.
Kurun waktu perjuangan yang panjang seperti ini hampir boleh dikatakan tidak
ada yang menyaingi dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia menentang
penjajahan. Perjuangan seperti ini pasti sangat melelahkan dan menimbulkan
korban jiwa dan harta yang 'tidak terhitung lagi jumlahnya'.

Ketiga, Datuk Badiuzzaman Surbakti dengan rakyatnya mati-matian mempertahankan
tanah tumpah darahnya. Saat itu, penjajah Belanda mau menguasai tanah yang ada
di daerah Sunggal untuk dijadikan perkebunan tembakau. Padahal dalam
Konfederasi Deli sudah diatur bahwa empat suku di Deli berkuasa di daerahnya
masing-masing. Jadi, perang ini bersifat mempertahankan kepentingan wilayah dan
tanah rakyat yang dirampas perkebunan Belanda. Perang ini bukanlah perang
agama, tetapi perang yang sifatnya nasionalis.

Keempat, Datuk Badiuzzaman Surbakti mempunyai sikap nonkompromi (tidak mau
bekerjasama) dengan penjajahan Belanda. Sikap seperti ini, yang sangat terpuji,
telah diperlihatkan beliau dalam perjuangan yang tanpa mengenal lelah selama 32
tahun itu sampai beliau dibuang seumur hidup ke Cianjur. Sikap seperti ini
pulalah yang telah dijadikan contoh teladan oleh adik, paman-paman, dan
rakyatnya di Sunggal di dalam menentang penjajahan Belanda. Akibatnya, mereka
pun ditangkap dan dihukum buang seumur hidup.

Kelima, Datuk Badiuzzaman Surbakti berhasil menghimpun kekuatan untuk menentang
penjajahan Belanda dengan dibantu oleh para pejuang dari berbagai macam etnik
seperti dari Karo, Melayu, Gayo, Aceh, dan Jawa eks tentara Belanda. Jadi,
perang ini tidak lagi mempunyai kepentingan pribadi, tetapi yang muncul adalah
kepentingan bersama. Artinya, 'Perang Sunggal' ini menjadi perang rakyat
semesta. Penghimpunan kekuatan seperti ini menunjukkan adanya rasa kesatuan,
persatuan, dan nasionalisme yang mendalam.

Perang ini mempunyai dua nama yaitu 'Perang Sunggal' dan 'Perang Batak'.
Penamaan 'Perang Sunggal' muncul karena perang ini terjadi di daerah Sunggal,
tempat tinggal masyarakat Melayu dan masyarakat Karo ketika itu. Perang ini
disebut Belanda juga dengan 'Perang Batak' atau Batak Oorlog karena medan
pertempurannya kebanyakan berada di pegunungan yang didiami oleh masyarakat
Batak-Karo. Penamaan ini mirip dengan 'Perang Diponegoro' yang berlangsung di
Jawa karena pemimpin perangnya ialah Pangeran Diponegoro. Perang ini disebut
juga oleh Belanda dengan 'Perang Jawa' atau Jawa Oorlog karena berlangsung di
Jawa. Persamaannya kedua perang ini sama-sama menentang penjajahan Belanda.
Sedangkan perbedaannya adalah: 1) Pangeran Diponegoro telah diangkat sebagai
'Pahlawan Nasional' sedangkan Datuk Badiuzzaman Surbakti sampai sekarangbelum;
dan 2) Pangeran Diponegoro telah berperang melawan penjajah Belanda selama
lebih kurang lima tahun sedangkan Datuk Badiuzzaman Surbakti telah berperang
melawan penjajah Belanda selama lebih kurang 32 tahun.

Penutup

Kelima butir pertimbangan yang dapat ditarik dari perjuangan Datuk Badiuzzaman
Surbakti di atas menunjukkan kepada kita bahwa beliau adalah seorang pejuang
kemerdekaan yang gigih, ulet, dan pantang menyerah. Untuk itu, beliau pantas
menjadi contoh teladan dan dapat pula dijadikan sebagai panutan dalam
menjunjung tinggi rasa cinta tanah air. Dengan begitu, beliau sekarang bukan
hanya milik masyarakat Melayu di Sumatera Timur, tetapi sudah menjadi milik
nasional, milik bangsa Indonesia. Oleh karena itu menurut pengamatan kami,
sudah sepantasnyalah Datuk Badiuzzaman Surbakti ini dapat kita perjuangan
bersama-sama ke pemerintah Republik Indonesia untuk dapat kiranya diangkat
menjadi salah seorang 'Pahlawan Nasional'.

Comments

Anonymous said…
Tulisan yang sangat bagus, membuka mata yang tidak melihat. saya pribadi baru tahu dari tulisan ini, kalo orang karo dulunya pernah menjadi penguasa tanah sunggal. Semoga rekomendasi diatas menjadi perhatian pemerintahan pusat, mengangkat pejuang Surbakti Mergana Menjadi Pahlawan Nasional.

Buat Admin, terus semangat mengangkat berita karo siadi, untk menjadi pendorong semangat karo sigundari.

Mejuah juah.
Unknown said…
good reference.......
Anonymous said…
mf pak aq orang karo yang dah lama tinggal di jawa, saya rindu sekali melihat video drama orang karo, sya mnt tolong supaya bapak uplod dong...
Anonymous said…
Membaca tulisan diatas, memang membuka mata kita, orang-orang Melayu/Karo ternyata punya sifat nasionalis tidak mau tunduk kepada penjajah, seharusnyalah Dato'Badiuzzaman Surbakti dinobatkan jadi Pahlawan Nasinal, tapi kemana mata para pencatat sejarah????
Ada yang perlu saya tanyakan, apakah ada yang mengenal Datu kami Dato' Ali Hoesin, dia adalah menantu dari Raja/Sultan Soenggal yang tinggal di daerah Binjai sekarang, ditepi Sungai Mencirim yang dahulunya masih wilayah kerajaan soenggal dan dahulunya bernama Kampung Serbanyaman yang berbatasan dengan Kebun Timbang Langkat, dia diberi tanah itu langsung oleh Soeltan Soenggal yang ber-tarikh ...Desember 1888 dengan surat yang dua tulisan, bertulisan arab bahasa melayu dan tulisan melayu disampingnya, surat itu masih ada tersimpan pada kami cucu/cicit Dato' Ali Hoesin. Makam Dato' Ali Hoesin bisa dilihat di perkuburan wakaf Dato' Ali Hoesin yang terletak di Lingkungan I Kampung Mencirim tidak jauh dari Titi/Jembatan Jalan I.Bonjol Binjai. Bagi pihak yang mengenal dan peduli dapat ikut serta dalam musyawarah keluarga rumpun Dato' Ali Hoesin pada tanggal 01 September 2013 +/- pukul 13.00 Wib dirumah kami di Jalan Nuri No.41-A Lingkungan I Kampung Mencirim Binjai.
(HAFIZD DJAMALUDDIN-hafizd,jamal@facebook.com).
Unknown said…
Masa kecil saya dulunya tinggal di sunggal tak heran banyak orang karo, melayu, batak, india dan,chines disana yg sekarangnya hidup rukun
Unknown said…
Gali dan angkat sejarah perang Songgal dgn fakta dan bukti sejarah.
Surat GrandSultan .. Desember 1888 bukti keberadaan dan kekuasaan Datok Songgal sampai wilayah kota Binjai..
Lanjutkan
Anonymous said…
Memang benar Sunggal memang multi kultural dan tempat tinggal yang nyaman ..kakek buyut sy orang China nenek buyut sy suku Jawa di kota Sunggal kakek buyut sy cukup di segani dan di kenali PD masanya..orang tua sy seorang pejuang kemerdekaan dengan pangkat terakhir mayor namun pada masa kemerdekaan para pejuang kemerdekaan terutama pejuang dari Sunggal sedikit sekali yg mau mendaftar ulang untuk veteran nya.. mereka ikhlas membela tanah airnya tanpa pamrih...jadi kami masyarakat sunggal sangat berharap Datuk budiuzzaman Surbakti diangkat menjadi pahlawan nasional dan di catat sejarah perjuangan nya seperti pahlawan nasional lainnya
Unknown said…
Sudah seharusnya Datuk Badiuzzaman Surbakti di nobatkan sebagai pahlawan.ayo masyarakat Karo perjuangkan pejuang pejuang tangguh Karo menjadi pahlawan bagi bangsa ini
Jasmerah said…
Datuk Mahini Surbakti, Datuk Abdul Jalil Surbakti dan dan puteranya Sulong Barat itu tokoh penting dalam perang Sunggal. Dalam tulisan itu kog tidak ada. Khusus Datuk Mahini atau dikenal dgn Datuk Kecil adalah tokoh kunci dalam perang sunggal. Beliau adalah paman dan sekaligus mentornya Datuk Badiuzzaman. Kubu kubu pertahanan beliau di Timbang Langkat, Sopo Uruk, dan Tanduk Benua lah yg digempur pasukan militer Belanda dalam tiga kali ekspedisi militer belanda dari bln mei 1872. Ketiganya ditangkap Belanda dalam sebuah perundingan di Klambir Lima. Kemudian dibawa ke Bengkalis dan akhirnya dibuang ke Cilacap dan meninggal di Cilacap. Sulong Barat dikembalikan ke Deli.
elang.sumut3 said…
Terimankasih atas informasi yg sangat berharga ini utk dibagikan, jd bertambah ilmu & pengetahuan saya.
Unknown said…
Sangat setuju sekali kalo datuk buduizaman surbakti dianugerahi gelar pahlawan nasional

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si