06 December 2012

Pa Datas, Beethoven dari Karo (1920) - bagian 1

Si Datas van Soerbakti, Karolanden, Noord-Sumatra
Datum    1914-1919
Urheber : T. (Tassilo) Adam (Fotograaf/photographer).

Si Datas, de Bataksche Beethoven.

Dalam bukunya Parsorion (riwayat Hidup) ni Missionar Gustaf Pilgram Dohot Harararat Ni HaKristenon di Toba, Dr. Andar Lumban Tobing (1981) mencatat bahwa pada tahun 1885, Gustav Pilgram sudah menulis tentang musik Gondang Sabangunan. Tulisan ini berjudul  "Referat Uber heidnische Musik und Tanz" (Lihat juga J.P.Sarumpaet, 1988). Pilgram mengulas tentang musik Gondang Sabangunan dari perspektif seorang Kristen. 

Toenggoel P.Siagian (1966) pada artikelnya "Bibliography on the Batak People" di dalam jurnal Indonesia terbitan Cornell University, mencatat beberapa penulis lain. Pertama, J.H.Meerwaldt (1904, 1905,1906,dan 1907) yang secara kontinu menulis tentang adat, agama, tekstual lagu-lagu, dan deskripsi instrumen musik Batak (Batak Toba), termasuk tartar Sigale-gale. Naskah ini berjudul "Gebruiken in het maatschappelijk leven der Bataks”, terdapat pada jurnal/serial berjudul Mededelingen van wage het Neder/andsch Zendeling-genootschap yang diterbitkan di Rotterdam. 

Yang kedua adalah J.G. Huyzer dengan artikelnya berjudul "Indonesische muziekinstrumenten" di dalam Tijdschrift voor Nederlandsch India, penerbitan 1928-1929 di Batavia. Huyzer membicarakan dan menelaah tentang perbedaan bentuk fisik hasapi, instrumen yang dipetik dan mempunyai dua senar. J.P.Sarumpaet (1988) dalam bukunya  Bibliografi Batak, terbitan Sahata Publication-Melbourne, juga menyebutkan dua nama penulis yang menyumbang tulisannya antara tahun 1920-an dan 1930-an. 

Penulis pertama adalah J.Koning yang pada tahun 1920 menulis sebuah artikel pendek berjudul  "Si Datas, de Bataksche Beethoven." Artikel ini membicarakan kepiawaian permainan instrumen Kulcapi Pak Datas Surbakti yang tinggal di Brastagi pada saat itu.


Bersambung ke :  Pa Datas, Beethoven dari Karo (1920) - bagian 2

Selengkapnya dapat dibaca :

22 September 1920
Si Datas, de Bataksche Beethoven.
Penulis : J.Koning 






Sumber :

~Dokumentasi Dan Publikasi Musik Gondang Sabangunan : Sebuah Retrospeksi oleh Mauly Purba 

Si Datas, de Bataksche Beethoven.

No comments:

Post a Comment