Petrus Tarigan sebagai anggota dari sanggar Sinar Desa Piso Serit yang didirikan oleh Djaga Depari memiliki kedekatan dengan sang maestro. Ia bercerita tentang proses penciptaan lagu-lagu dari Djaga Depari. Jatuh bangunnya seorang Komponis Djaga Depari. Berikut penuturannya :
  
Lagu Mari Kena
Lagu  ini 
tercipta  sepulangnya  rombongan 
dari  pertunjukan  keliling 
di  Deli  Tua  dan  Penen. 
Kami betul-betul  mengalami  kehancuran, 
kata  Petrus  Tarigan.  
Penyebabnya, kontrak 
yang  telah  disepakati 
hanya  setengahnya  dibayar 
pihak  sponsor.  Akibatnya 
kami  mengalami  kerugian 
yang  cukup  besar 
terlebih-lebih  Djaga Depari karena beliaulah yang berhubungan
langsung dengan pihak sponsor. 
Untuk   menutupi  
kerugian   tersebut,   Djaga  
Depari   terpaksa   menjual   barang  
dagangan  istrinya.  Pihak 
istri  pun  merasa 
keberatan  sehingga  terjadi 
kesalah pahaman  antara 
suami-istri.  Sejak  saat  itu,  Djaga 
Depari,  tiap  malam 
diharuskan  pulang ke rumah walau
latihan di mana saja. Peraturan baru itu, berdampak buruk bagi  saya dan  teman-teman  di antaranya :  Murni  Ginting, 
Kelas  Colia  dan 
lain-lain.   Karena   setelah  
selesai   latihan   malam  
di Seberaya,   kami   terpaksa mengantarkannya  pulang 
ke  Kabanjahe.  Jarak 
antara  Kabanjahe-Seberaya  kurang lebih 
10  km.  dengan 
berjalan  kaki  diterangi 
lampu  petromax.  Itu 
kami  lakukan  seminggu sekali.  
Penderitaan  yang 
kami  alami  bersama 
Djaga  Depari,  bukannya 
membuat  surut  tekad 
beliau  untuk  terus 
berkarier  mengembangkan  bakat 
seninya.  Dalam  situasi 
demikian,  beliau  menuangkan 
segala  curahan  hatinya, 
ingin  mengatakan  dan 
ingin  berbicara  kepada 
semua  keluarga  serta 
kerabat  tentang  permasalahan 
yang  dia  hadapi. 
Keinginan  tersebut,  beliau  tuangkan 
lewat  sebuah  lagu yang 
diberi judul Mari Kena.  
Mari Kena
Mari turang geget ate
mari turang kena
Sikel kal aku o
turang kita
Alio, aloi kal aku
Kena kal nge
pinta-pintangku
Mari turang iah mari
kena
Mari turang iah mari
kena
Tebing kal kapen o
turang ingandu ena
Nipe kerina i jena
ringan i jena
Tadingken kal ingandu
ena
Mari ras kal kit
jenda
Mari turang iah mari
kena
Mari turang iah mari
kena
Tertima-tima kal kami
kerina gundari
Kalimbubu, anak beru
ras seninanta merari
Mulih kal gelah kena
keleng ate
Ras kal kita jenda
morah ate
Ula dage meja dage
Mari turanga iah mari
kena
Mari turang iah mari
ken
Pada  syair 
ini  dikisahkan  “aku” 
lirik  lagu  memohon 
kepada  sang  kekasih 
agar  mau  berbicara 
dari  hati  ke hati. 
Permohonan  disertai  harapan 
itu  membuat  “aku” lirik menjadi semakin rindu untuk bertemu,
sampai-sampai semua menanti kedatangan 
sang  kekasih.  Namun 
demikian,  “aku”  lirik 
menyadari  begitu  besar tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan
niat tulusnya.  
Lagu Dalin Ku Rumah  (1962)
Seiring  dengan 
perjalan  waktu  kami  merencakana  pertunjukan 
di  Tiga  Lingga,  tapi 
keadaan  Group  sudah 
sangat  buruk.  Dekorasi 
panggung  yang  selama 
ini dipakai, sudah banyak yang rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Jadwal sudah ditetapkan sementara penyandang dana belum ada. Dalam situasi
demikian, Djaga  Depari  kembali 
mengorbankan  barang 
dagangan  sang  Istri. 
Setengah  Bal kain polos dagangan
sang istri habis diambil Djaga Depari untuk dijadikan bahan dekorasi panggung.
Akibatnya, sang istri sangat marah. Komunikasi yang selama ini sudah macet
diperparah lagi dengan kejadian tersebut. Lagu “Mari Kena” yang tadinya 
diharapkan  dapat  meredam 
situasi,  ternyata  tidak 
efektif.  
Menurut  Petrus  Tarigan tentang istri Djaga Depari ini : 
“Ada satu hal yang membuat saya sangat salut  terhadap 
ibu  rumah  tangga 
ini,  seberapa  besarnya 
pun  perpecahan  rumah  tangga  mereka, 
ternyata  tidak  pernah 
sampai  orang  luar 
tahu.  Bahkan  keluarga 
dekat sendiri, tak pernah tahu dan tetap memelihara anak-anak yang masih
kecil dengan penuh tanggung jawab.”
Walau  situasi 
sudah  sangat  meruncing, 
niat  Djaga  Depari 
untuk  tetap  meneruskan bakat seninya tidak surut, terus
belanjut. Semua kemarahan sang istri, beliau 
hadapi  dengan  lagu-lagunya. 
Dan  untuk  masalah  ini, 
beliau  menjawabnya  lewat sebuah lagu yang di beri judul Dalin Ku
Rumah.
Dalin Ku Rumah
Arapai nge dalinna ku rumah
Serpang si apai nge maka la salah
Mulih kal aku mulih
Sibar me enggo latih
Sibar me enggo latih
Langke ngeliwer kal dahin melambas
Pitut irambeng kal dalin si melias
Erturih e lanai bo erturih
Rance ngalah iserbu latih
Rance ngalah iserbu latih
Kerah kuakap kerah tapin
Ja pe labo lit pengadi-nagdin
De la i rumahta kari
Mulih kal aku ari
Mulih kal aku ari
Sai ko dalan ku rumah
Den ate keleng mekuah
Dem ate keleng mekuah
Ku rumah kal aku ari
Ku rumah kal aku ari
Dalin Ku Rumah tercipta pada
tahun 1962. Dalam syair-syair lagu tersebut, “aku”   lirik  
bertanya-tanya   arah   jalan  
mana   pintu   masuk  
kedalam   rumah.   Dikisahkan 
“aku”  lirik  (Djaga 
Depari)  merasa  sudah 
capek  dan  letih, 
sehingga  hampir membuatnya tidak
berdaya sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan dia ingin  pulang 
kerumah  untuk  beristirahat 
dalam  suasana  hati 
yang  damai  dan  tentram.  Gaya 
dan  cara  Djaga 
Depari  dalam  hal 
menyampaikan  maksud  hatinya 
seperti itu membuat suasana hati sang istri tidak merasa tersinggung,
marah, atau mungkin justru tersenyum dan tertawa lebar, sehingga akan terasa
manfaatnya.  
Sumber bacaaan :
Penulis : Marco Bangun
Repository.usu.ac.id
Comments