10 Maret 2011

Pameran Tenunan Batak di Tropenmuseum, Amsterdam

WOVEN WORLDS (WERELD VAN WEEFSELS)
Exhibition in the Park Room of the Tropenmuseum, Amsterdam
 
Kurator Tamu oleh Dr. Sandra Niessen
17 February – 2 July 2006 .

ditulis oleh Pamela (admin www.tribaltextiles.info )

Pameran ini menampilkan contoh-contoh indah dari tekstil Batak, dan kisah koleksi mereka. Selama berabad-abad Batak tinggal keberadaan relatif independen di dataran tinggi Sumatera Utara. Setelah datang kontak dengan kekuasaan kolonial pada abad kedelapan belas, budaya mereka berubah secara signifikan. Pada saat yang sama, museum mulai mengumpulkan tekstil mereka. Batak objek dalam pameran menawarkan wawasan ke dalam pengembangan budaya mereka serta prioritas, motif, dan strategi dari empat kolektor: Herman Neubronner van der Tuuk, Johan Ernst Jasper, Tassilo Adam dan Sandra Nies.

Saya sangat menikmati kedua pameran. Ada beberapa sangat khusus ulos Batak (terutama Batak Toba) dalam pameran Worlds Woven dan ada beberapa dari mereka - terutama potongan-potongan yang lebih tua - yang saya sangat tertarik. Saya sangat beruntung memang bahwa kurator tamu pameran dan penulis dua buku yang diterbitkan dan beberapa artikel mengenai Batak, Dr Sandra Nies, membawaku berkeliling pameran dan berbagi pengetahuan dan pemikiran di balik pameran dengan saya. Saya juga mendengar tentang sebuah buku baru pada tekstil Batak ditulis oleh Sandra yang diharapkan akan diterbitkan pada pertengahan-2007. Aku akan menaruh informasi tentang buku yang akan datang di forum buku-buku kami karena hal ini benar-benar akan menjadi salah satu yang harus diperhatikan.



Tropenmuseum adalah museum yang sangat baik untuk berkunjung dan saya sangat terkesan oleh kualitas layar mereka. Juga toko yang baik dan faclilities restoran yang lezat. Hal ini mudah diakses melalui sistem trem. http://www.kit.nl/ Sebagian besar situs web telah bahasa Inggris serta teks Belanda.


sumber : Tribaltextiles

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar