Skip to main content

Perhiasan-perhiasan Karo (bagian 1)

Perhiasan di tangan dan tongkat
Handen met sieraden en een staf, Karolanden.
Date : 1914-1919
Author : T. (Tassilo) Adam (Fotograaf/photographer)


Gelang dikenakan oleh seorang kepala desa di Karo, Sumatera Utara, Indonesia awal abad ke-20.
Foto diambil di Wiki Loves Seni lokakarya Belanda di Museum Tropis  
di Amsterdam pada tanggal 26 Juni 2009.
Bracelet worn by a village headman Karo Batak, North Sumatra, Indonesia gold early 20th century
Foto gemaakt tijdens Wiki Loves Art Nederland workshop 
in het Tropenmuseum in Amsterdam op 26 juni 2009.


 
Kalung desain Karo. Perhiasan ini dibuat dari perak di Kabanjahe.
Halssieraad. Dit sieraad is vervaardigd door een zilversmid te Kabanjahé. De motieven zijn Karo, maar de uitvoering is mogelijk aangepast aan het gebruik door Europeanen.. Halsketting
Date : voor/before 1920
Author : Tropenmuseum


Tabung kapur sirih yang digunakan oleh perempuan Karo. 
Tabung kapur sirih ini terbuat dari bahan gading dan tanduk.
Kalkkoker. Karo-Batak sirih kalkkoker die door vrouwen wordt gebruikt. Het eingelijke kokertje bestaat uit geel geworden ivoor met een bamboe binnenkant. Aan de uiteinden zitten zwart hoornen ringen die weer in houten uiteinden uitlopen.. Sirih kalkkoker van ivoor en hoorn
Date : voor/before 1929
Author : Tropenmuseum


Perhiasan Kepala. Perhiasan ini dibuat dari perak di Kabanjahe.  
Ornamen pada rambut perempuan mengenakan tudung atau penutup kepala.
Hoofdsieraad. Dit sieraad is vervaardigd door een zilversmid te Kabanjahé. . Versiersel dat vrouwen in het haar of hoofddoek dragen
Date : voor/before 1920
Author : Tropenmuseum

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu