Skip to main content

Baskami Tarigan, Pewaris "Pemeteh."


Baskami Tarigan mempersiapkan obat-obatan.
(JG Photo/Labodalih Sembiring)
"Suatu masa ada guru pitu Pakpak sedalanen, kelompok tujuh praktisi ilmu hitam. Beberapa dari mereka akan melewati sebuah desa untuk menyebarkan penyakit. Sisanya datang kemudian dengan menyembuhkan. Orang harus memberikan uang penyembuhan, yang akan dibagi di antara tujuh dari mereka. 
Pengetahuan adalah 'hitam' ketika Anda menggunakannya untuk membuat keuntungan melalui metode yang buruk." 
Waktu, menurut Tarigan, telah mengubah banyak hal. "Banyak (spesies) tanaman telah menghilang, bersama dengan pemahaman tentang mereka," kata Kebun. Ia mengibaratkan ini sama halnya dengan benda-benda pusaka Karo banyak yang telah hilang karena kelalaian, pencurian atau karena dijual.


North Sumatra's Medicine Men

oleh Labodalih Sembiring (The Jakarta Globe.com)



Jalan setapak berkelok-kelok naik dan turun, memotong melalui hutan kecil, sungai yang jernih dan semak-semak tinggi. Petani di Siberteng, sebuah dusun di Barusjahe, Sumatera Utara, harus mengambil rute ini dengan berjalan kaki untuk sampai ke kebun-kebun jeruk mereka di perbukitan. Tapi tidak semua dari mereka tahu bahwa beberapa tanaman liar yang tumbuh di depan mata di sepanjang jalan bisa menyelamatkan nyawa.

  
Dalam perjalanan ke kebun sendiri, Baskami berhenti untuk memetik semak yang tumbuh rendah. "Kami orang Karo menyebutnya pegaga bulung, tapi biasanya dikenal sebagai daun tapak kuda (daun tapal kuda). Anda dapat menggabungkan dengan beberapa herbal membuat obat untuk menyembuhkan penyakit hati," katanya.

Saat ia melanjutkan, dia menunjukkan tiga tanaman lain dengan kekuatan penyembuh. Sumber daya alam, kata Baskami, membantu menjelaskan mengapa orang di masa lalu hidup lebih lama.

Orang-orang Karo, salah satu suku yang berhubungan dengan suku Batak Sumatera Utara, telah lama mengambil manfaat dari tanah subur di Dataran Tinggi Karo. Jeruk, kopi, sayuran dan perkebunan bunga berkembang di daerah tersebut. Sebagian besar dari tanah Karo, daerah yang membentang dari sisi barat laut dari Danau Toba ke Aceh di sebelah barat, ditutupi oleh hutan lebat. Air terjun, sumber air panas, sungai dan danau kecil di sekitar gunung berapi Sinabung dan Sibayak menyempurnakan lukisan sebuah tempat yang diberkati oleh "Dibata", penyebutan untuk "tuhan."

Hidup yang begitu dekat dengan alam telah membentuk kerangka berpikir orang-orang gunung ini, sebagaimana tercermin dalam ritual upacara mereka dan adat istiadat. Kebun Tarigan, ayah Baskami, mengatakan bahwa orang Karo menamai banyak tanaman didasarkan pada karakteristik mereka, kegunaan dan untuk beberapa hal yg berhubungan dengan kekuatan magis.

"Misalnya, sebelum memasuki sebuah rumah yang baru dibangun, sebuah keluarga Karo akan mengadakan ritual mbengket rumah mbaru," kata Tarigan tua. "Tujuh macam daun – kesemuanya disebut bulung simalem-malem - digunakan untuk memurnikan rumah. Yang pertama adalah bulung selantam, yang diyakini dapat menghantam (melawan) roh jahat.

"Bulung tabar-tabar dikatakan membuat penghuni rumah merasa sabar setiap saat. Lalu bulung berikutnya adalah siang-siang, yang secara harfiah 'tengah hari’.  Hal ini digunakan untuk menjaga penduduk dalam roh ceria dan pikiran
  
Kemampuan untuk mengidentifikasi tanaman yang memiliki kekuatan tertentu, yang Kebun dan Baskami percayai, adalah turun-temurun. Ini adalah pemeteh, atau pengetahuan suci, diteruskan dari generasi ke generasi melalui pengajaran langsung, mimpi atau "bisikan misterius."

"Ketika saya masih muda, saya tidak memiliki semua itu. Ayahku memiliki pemeteh, tapi aku tidak akan keberatan jika ia membawa pengetahuan (pemeteh) nya terkubur dengannya, " kata Kebun.

Tapi suatu hari anak sulung Kebun jatuh sakit. "Aku tidak tahu apa itu atau bagaimana menyingkirkan itu," kata Kebun. "Jadi aku mengirim doa kepada ayah saya, meminta rohnya mengatakan padaku obatnya. Setelah itu, saya menaruh sebungkus rokok dan satu bungkus korek api di lemari. "Dalam budaya orang Karo, menawarkan rokok adalah sikap hormat.”

Pada malamnya, Kebun berkata, ayahnya datang kepadanya dalam mimpi, menyuruhnya untuk menemukan beberapa macam daun dari hutan untuk membuat suatu ramuan. "Saya mengikuti nasihatnya, dan anak saya sudah sembuh," katanya.

Beberapa tahun lalu, Kebun sendiri yang jatuh sakit. Diabetes menyebabkan borok (bisul) besar di kakinya, menyebabkan rasa sakit ketika ia mencoba untuk berjalan. Kali ini Baskami, putra bungsu Kebun, yang mencari tambar, atau obat.

"Pergi ke dokter tidak membantu," kata Baskami. "Saya mendapat jawaban setelah melakukan tahajjud (doa Islam pada larut malam) dan bermeditasi. Aku gemetar dan berkeringat ketika terdengar suara datang, saya terlibat dalam sebuah percakapan yang diam. Suara itu mengatakan kepada saya untuk mendapatkan daun tertentu dan tanaman herbal. Saya membuatnya menjadi serbuk (semacam puyer). Ini benar-benar pahit, tetapi berhasil." "Hingga hari ini ayah, usianya sudah 70-an, masih mampu ke kebun nya, kolam ikan dan peternakan ayam setiap hari."

Keajaiban bubuk (obat) itu meyakinkan Baskami untuk menjual dengan harga Rp 20.000 per paket. Dia pernah punya rencana untuk mempatenkan beberapa resep, tapi ayahnya bilang jangan. Baskami mulai belajar tentang obat-obatan herbal dan refleksologi, seni penyembuhan alami populer di Eropa Utara, dari buku 10 tahun yang lalu. Tahun remajanya yang dipenuhi dengan berbagai penyakit, membuat ia mampu mempraktekkan apa yang ia pelajari pada dirinya sendiri. Ia menggabungkan pengetahuan ini dengan formula herbal dan nyanyian tradisional yang diajarkan ayahnya, yang selanjutnya dikembangkan sendiri. Empat tahun lalu, ia mulai memperaktekkan kemampuannya pada orang lain.

"Saya awalnya merawat anak-anak kecil (tetangga) yang demam. Orang tua mereka yang kesulitan itu datang kepada saya," kata Baskami. Dia memijat kaki anak-anak dan menggunakan tambar disebut kuning, tablet jamu yang dia percaya dapat menyembuhkan masalah syaraf juga, untuk menyembuhkan mereka. Keberhasilan dengan kasus pertama memberi Baskami kepercayaan untuk menangani pasien lain.

Orang-orang mulai datang ke rumah Tarigan setiap hari, khususnya pada akhir pekan. Terakhir Minggu sore, enam orang, yang semuanya telah mendengar tentang Baskami dari mulut ke mulut, duduk di ruang keluarga yang multifungsi dimana Baskami menjalankan juga prakteknya di ruangan ini. Anto, seorang pria Jawa yang telah menentap di Kabanjahe, ibukota kabupaten Karo, sejak kecil, membawa ayahnya yang menderita pembengkakkan tiroid.

"Saya mengajak ayah saya ke dokter tiga bulan lalu, tapi belum ada perubahan," kata Anto. "Saya mendengar tentang Baskami dari seorang teman. Teman saya menderita masalah hati, sampai ia datang ke sini beberapa kali. "Untuk orang tua, Baskami mempersiapkan daun sirih dikombinasikan dengan gambir, kapur sirih dan bahan lainnya. Setelah melipatnya berbentuk segitiga, ia membawanya ke kamarnya untuk "meningkatkan" kekuatan penyembuhan dengan doa.

"Unsur-unsur pemulihan adalah milik Tuhan. Berdoa adalah cara untuk meminta ijin Tuhan untuk menggunakannya," kata Baskami.

Lalu ia menulis sesuatu: "Paldas paldus pala pala maldus, dor nasi sanggolom (7x). Maldus duri Ibas kerahung si (nama pasien)]. "

"Remas nasi hangat dengan tangan Anda sambil melantunkannya dalam hati Anda, dan kemudian berikan kepada seseorang dengan tulang ikan tersangkut di tenggorokannya," kata Baskami.

"Seseorang yang melihat saya melakukannya pikir itu tidak perlu mantra apapun. Ketika mengalami kondisi yang sama, ia membuat gumpalan nasi dan memakannya. Dia tidak merasakan apa pun tetapi menjadi puas."

Baskami mengakui ia tidak memiliki obat untuk semua penyakit. "Saya tidak yakin bagaimana menangani HIV," katanya. "Ini membuatku takut."

Tetapi ketakutan tidak menghentikannya untuk mencoba. Seorang pemuda datang kepadanya pada Sabtu pagi untuk tindak lanjut terapi herbalnya. Pasien mengatakan dia masih merasa lemah pada persendian. Baskami membuat obat serupa dengan yang ia resepkan untuk pasien lanjut usia dengan masalah tiroid untuk menyingkirkan suatu jamur di lidah pemuda itu. Baskami juga mengatakan bahan-bahan untuk formula yang dapat "membersihkan darah-Nya."

"Ibuku selalu menyuruhku untuk menikah. Ini membuat frustrasi untuk berpikir tentang hal itu ketika saya sudah begini," kata pria itu. "Saya percaya obat tradisional dapat membantu saya. Saya telah merasa lebih kuat."

Malam itu, Kebun, Baskami dan Robinson (anak tertua Kebun), duduk berbagi kisah tentang obat-obatan tradisional.

“Di masa lalu, hal yang biasa menyalahkan terpan santo (racun dari ilmu hitam) sebagai penyebab penyakit," kata Kebun. "Suatu masa ada guru pitu Pakpak sedalanen, kelompok tujuh praktisi ilmu hitam. Beberapa dari mereka akan melewati sebuah desa untuk menyebarkan penyakit. Sisanya datang kemudian dengan menyembuhkan. Orang harus memberikan uang penyembuhan, yang akan dibagi di antara tujuh dari mereka. Pengetahuan adalah 'hitam' ketika Anda menggunakannya untuk membuat keuntungan melalui metode yang buruk."

Waktu, menurut Tarigan, telah mengubah banyak hal.

"Banyak (spesies) tanaman telah menghilang, bersama dengan pemahaman tentang mereka," kata Kebun. Ia mengibaratkan ini sama halnya dengan benda-benda pusaka Karo banyak yang telah hilang karena kelalaian, pencurian atau karena dijual.

Baskami menjelaskan salah satu alasan di balik menghilangnya pemeteh (pengetahuan).

"Di masa lalu, Anda tidak bisa membuat banyak dari obat-obatan herbal. Kadang-kadang sulit untuk menemukan bahan-bahan, Anda harus pergi ke hutan terdalam. Ini juga butuh waktu dan energi untuk membuat obat, tetapi pembayaran itu biasanya hanya beras, telur dan rokok," katanya.

"Jika orang (yang memiliki pemeteh/pengetahuan) menikah, aku bisa membayangkan apa yang akan dikatakann pasangan tersebut : " Kenapa harus repot-repot? Hentikan sudah! "

Baskami mengatakan, dia yakin bahwa mengetahui manfaat kesehatan dari apa pun sumber daya alam yang tersedia di suatu daerah sangat penting.

"Dari pengalaman saya, itu telah memungkinkan saya untuk memiliki banyak teman," katanya. "Hal ini juga membantu mengurangi kekhawatiran Anda ketika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda sakit. Anda bisa mendapatkan pengalaman, lebih tenang lagi jika Anda tahu bagaimana membuat obatnya."

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si