Skip to main content

Pekan Brastagi

Pekan (pasar) di Brastagi
Karo Batak vrouwen op de markt bij Brastag
1922
Source : Tropenmuseum

Pekan (pasar) di Brastagi
Karo Batak vrouwen op de markt bij Brastag
1922
Source : Tropenmuseum

Seorang pedagang di pasar di Brastagi, menjual kapak perunggu, pengikis (?), sisir rambut, gelang, jimat, sebuah tabung tuak, labu dan ceret .
Een handelaar op de markt in Brastagi, met onder meer een bronzen bijl, een schraper (?), haarkammen, armbanden, amuletten, een palmwijnkoker, een kalebas en een waterkoker.. Een handelaar in Batak objecten op de markt in Brastagi
1910-1925
Source : Tropenmuseum

Pasar Berastagi, berdagang sapi
Markt in Berastagi met rund op de voorgrond, Karolanden, Sumatra`s Oostkust
1920-1925
Source : Tropenmuseum

Wanita itu berdiri di foto mengenakan "uwis teba" sebagai hijab (tudung) dan "Ampar gatip" pinggangnya. Pasar di Berastagi, Karo, Sumatra Utara

De staande vrouw links op de foto draagt een "uwis teba" als hoofddoek ("tudung") en een "gatip ampar" om haar middel.. Markt te Berastagi, Karo, Noord-Sumatra
1914-1919
Source : Tropenmuseum
Author : T. (Tassilo) Adam (Fotograaf/photographer).

Pemandangan Pasar Brastagi
Overzicht van de markt te Berastagi, Karolanden, Sumatra`s Oostkust
1920-1925
Source : Tropenmuseum
Perempuan menjual pot di pasar Brastagi
Vrouwen verkopen potten op de markt in Brastagi
1923
Source : Tropenmuseum

Pekan (pasar) Brastagi
Karo Batak markt, Brastagi
1910-1930
Source : Tropenmuseum



 
 Pekan (pasar Brastagi)
Collectie: KITLV
Datum/Date: 1937

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu